Blue & Red Ocean Strategy

Red Ocean Strategy & Blue Ocean Strategy

Strategi ini mewarnai kepustakaan dalam manajemen stratgik, yang erat kaitannya dengan bisnis dan ekonomi. Teori ini tergolong baru setelah dilakukan riset selama 15 tahun oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne pada 2005.


Blue Ocean Strategy
Salah satu strategi dalam dunia bisnis dengan filosofi:
"Anda ingin berenang, saya ingin berenang, mereka ingin berenang, tak perlu saling berebut tempat, Samudra terlalu luas untuk kita perebutkan." Ya, lahan bisnis masih banyak dan terbuka lebar. Tidak perlu kita saling berebut pangsa pasar dan konsumen.


Red Ocean Strategy
Adalah sebuah strategi dalam dunia bisnis dan ekonomi dimana semua kompetitor memberikan tawaran fitur produk yang seragam, sama, dan semua saling memperebutkan pasar yang juga sama. Alhasil, yang acap terjadi adalah pertarungan yang berdarah-darah, lantaran arena persaingan diperebutkan oleh para pemain yang menawarkan keseragaman produk dan pendekatan.

Sehingga laut yang tadinya biru karena adanya pertarungan antar penjaring ikan sampai bunuh2an lalu penuh darah si penjaring. Atau darah pertarungan antar ikan yang memperebutkan makanannya pada satu spot laut. Padahal laut itu luas.

Namun bukan berarti strategi ini buruk. Strategi ini cocok untuk para pebisnis yang memiliki semangat bersaing tinggi atau kecanduan pertarungan bisnis.

----------
Penyusun: Adib Rofiqi
Referensi: Ismail Solihin, 2012, Manajemen Strategik, Jakarta: Penerbit Erlangga