Stop Gunakan Desain Jadul..!

Gan Sis civitas akademik UIN Suka...gimana kabar?
Masih Menyandang status Tuna Asmara? Okey keep calm stay with me..
Kita nggak mau bicara cinta, biar ia sendiri yang berkata.. #eeaaa
Kali ini kita akan bicarain masalah poster..!
Yak poster..!

Poster adalah kertas berukuran A4 atau lebih yang didalamnya terdapat pesan untuk tujuan publikasi. Macam kertas poster dari bahannya pun bermacam, biasanya yang terdapat di pasaran dan sering dipakai adalah dari jenis ivory 230 & 260 dan art paper 120 & 150. Lebih sering lagi yang terdapat di pasaran ukuran A3 (325 x 480).
Poster:
•Online (With so many variation in size)
•Offline (print out/ hard copy, A4-A3)

Poster dilihat dari tujuan dan sasarannya dapat dibagi menjadi beberapa macam. Tapi yang akan kita bahas kali ini adalah poster dengan bentuk non formal, bertujuan mempublikasikan, atau mengajak & mengundang yang biasanya diadakan oleh organisasi mahasiswa, mahasiswa jurusan, fakultas dll.
Poster:
•Formal (old school) -> Just use Arial, Times New Roman, signature, blablabla
•Informal (free design) -> up to your imaaaaagination

Beberapa prinsip hasil riset gw sendiri nih, kalao mau bikin poster informal harus diperhatiken beberapa aspek berikut:
1. Jelas
Jangan bikin poster yg nggak jelas kontennya. Isinya apa judulnya apa. Unsur2 yang diperlukan harus jelas seperti hari, tanggal, waktu, tempat, speaker, pengisi acara, HTM, ketentuan.
2. Menarik
Secara sekilas dari jauh orang sudah tertarik dengan kreasi desain yang dibuat, kalau khalayak sudah tertarik dengan bentuk poster maka kemungkinan dibaca dan dipahami khalayak juga lebih tinggi, dengan demikian keikutsertaan khalayak pun diharap lebih banyak.
3. Balance
Balance disini berarti proporsional dalam kontennya, jangan terlalu banyak tulisan yg nggak penting, "let the picture speak..!". Seimbangkan juga size font dan tipe font, jangan terlalu banyak tipe font dalam satu poster, maksimal 3 tipe font.
4. Colour
Pemilihan warna termasuk bagian yang sangat sangat sangat sangat penting dibagian pembuatan poster. Pewarnaan harus melihat aspek balance, harmoni, serasi. Sekata seiya seperti aku kamu..iya kamuuu. (halahhh)
5. Up to date
Up to date mencakup berbagai aspek diatas, jelas, menarik, dan colour harus mengikuti perkembangan tren desain saat ini. Seperti saat ini masih belum habis mode flat design. Atau bisa juga menggunakan model desain sederhana tapi premium class (lebih mengedepankan unsur fotografi).
6. Lay Out
Tata letak adalah unsur yang penting, jangan sampe judul poster/ acara kamu taruh di paling bawah pojok dengan ukuran "sak umlik".

Keuntungan utama dari poster yang mengikuti 6 prinsip tadi adalah tersampaikannya info sesuai harapan dan mendapat banyak attention.

Oke berikut gw cantumin beberapa poster yang desainnya sudah kadaluarsa alias nggak relevan dengan kebutuhan visual komunikasi. (Pas gw liat poster ini gw serasa ada di taun 2000an. Mungkin di taun segitu poster kayak gini keren kali ya)


Nah sekarang gw cantumin design yang unik asik up to date


Okew makasih itu dulu aja,
O yesss dalam posting ini bukan bermaksud merendahkan/ mengejek organisasi yg ada di poster.
Apapun organisasinya itu bukan concern saya di postingan ini.
---------
Penyusun: Adib Rofiqi